Judul Buku : Menakar Modernisasi Pendidikan Pesantren
Penulis : Ms Anis Masykhur, MA
Penerbit : Barnea Pustaka, Depok
Tahun Terbit : 2010
ISBN : 978-602-96961-3-4
Jumlah halaman : viii + 208 Hlm
Sinopsis
Buku ini merupakan kumpulan tulisan yang tersebar di berbagai buku, jurnal, dan tabloid yang merupakan hasil aktualisasi dan ekspresi kegelisahan penulis dalam mengamati perkembangan [modernisasi] pendidikan khususnya di pesantren akhir-akhir ini. Pesantren memang perlu mengakomodir modernisasi, namun ketika modernisasi tersebut malah memposisikan pesantren makin tercerabut dari tradisi mulia (great tradition)-nya. Inilah yang kemudian melahirkan beberapa tipologi pesantren; salafiyah, khalafiyah (modern) dan salafiyah-ashriyah (kombinasi).
Pembahasan buku ini diawali oleh akar-akar penyebab disorentasi yang melanda pondok pesantren, yang ditelusuri dan digali sejak masa penjajah Belanda masuk ke wilayah nusantara. Kemudian dikemukakan beberapa contoh kasus disorentasi yang melanda pondok pesantren dan juga pendidikan diniyah.
Bab selanjutnya diuraikan bagaimana kebijakan pendidikan seolah kehilangan arah. Pemerintah yang mempunyai kebijakan untuk meregulasi pendidikan mengalami disorentasi, yang justru menggiring pesantren ke arah formalisme. Sementara formalisme selama ini selalu dijauhi pesantren. Karena formalisme tersebut akan mengantarkan pada arah mengunggulkan simboliame.
Bagian terakhir memberikan arternatif tawaran untuk mengeluarkan pesantren dari jebakan disorentasi ini. Apa yang akan dilakukan ketika sistem pesantren sebagai sub sistem pendidikan nasional, dan apa yang ditempuhnya ketika sistem pesantren sebagai sistem pendidikan mandiri. Untuk itu, anak judul buku ini adalah "Mengusung Sistem Pesantren Sebagai Sistem Pendidikan Mandiri". Pembaca akan memahami isi buku ini jika membaca secara keseluruhan tema-tema dalam buku ini.